Ilustrasi anak membaca buku di perpustakaan/Net
Ilustrasi anak membaca buku di perpustakaan/Net
KOMENTAR

PERPUSTAKAAN bisa menjadi salah satu tempat untuk menghabiskan waktu bersama anak. Penting bagi orang tua menyediakan waktu untuk membantu anak memperbanyak literasi, mempelajari hal-hal yang seharusnya mereka ketahui.

Seorang peneliti di Pusat Penelusuran Literasi dan Membaca Rumah Sakit Anak Cincinnati, Amerika Serikat, dr John S Hutton mengatakan, anak yang banyak membaca selama tahap perkembangannya, akan membantu mengembangkan otak dan kosa kata anak.

Nah Ayah Bunda, di Jakarta ada banyak perpustakaan yang bisa membantu menggugah minat membaca anak. Farah.id coba bantu pilihkan untuk Ayah Bunda, ya!

Perpustakaan Nasional RI

Di Perpustakaan Nasional RI tersedia Ruang Layanan Anak yang terletak di lantai 7. Di sini, Si Kecil bisa membaca koleksi buku anak bersama teman-teman sebayanya. Ruang layanan anak ini didesain sedemikian rupa, difasilitasi dengan karpet empuk warna-warni, serta bantal duduk seukuran anak yang sangat empuk, agar anak-anak dapat duduk dengan nyaman sambal membaca buku, bahkan tiduran.

Alamat Perpustakaan Nasional RI ada di jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

Perpustakaan Umum DKI Jakarta

Tempat ini merupakan bangunan umum tiga lantai dan perpustakaan anak terletak di lantai 2. Tidak hanya menyediakan buku, ada fasilitas lain yang bisa dinikmati, seperti koleksi majalah, permainan edukatif, dan permainan indoor, berupa perosotan hingga mobil-mobilan listrik.

Areanya sangat luas, ruangannya pun sangat mendukung anak untuk membaca. Di sini, Si Kecil bisa membaca dan bermain dengan bebas.

Letak Perpustakaan Umum DKI Jakarta ini di kompleks Taman Izmail Marzuki No 73, Jalan Cikini Raya, Menteng, Jakarta Pusat.

Rimba Baca Cilandak

Tempat ini adalah perpustakaan anak yang dibangun dengan konsep rumahan. Tersedia deretan koleksi buku anak-anak yang dikelompokkan sesuai umur dan dalam bahasa Inggris maupun Indonesia.

Tempat membacanya dilengkapi sofa-sofa kecil, bantal, boneka, serta meja dan kursi warna-warni. Fasilitas ini juga didukung WiFi gratis dan komputer. Jika Si Kecil lapar, ada sudut snack yang menjual beraneka ragam makanan ringan.

Perpustakaan ini terletak di Jalan RSPP No 21B, Cilandak, Jakarta Selatan.

Bookshelf Cinere

Tempat ini buat Ayah Bunda yang ingin menghabiskan akhir pekan bersama keluarga. Coba datang ke Kafe Bookshelf, sebuah kafe buku 2 lantai yang terletak di Kawasan Cinere.

Sesuai namanya, kafe ini dihiasi deretan rak buku berisi beragam koleksi, dari novel hingga komik. Lantai pertama digunakan sebagai toko buku, sedangkan lantai kedua dipakai sebagai kafe, ruang membaca, dan movie room. Jadi, selain membaca dan menikmati camilan, Ayah Bunda juga bisa menonton di kafe yang keren ini.

Letaknya ada di Jalan Cinere Raya No 42/M 16514, Depok.

Nah, sudah siap untuk membantu anak gemar membaca?




Seringkali Diabaikan dan Tidak Dianggap, Waspadai Dampak Depresi pada Anak Laki-Laki

Sebelumnya

Anak Remaja Mulai Menjauhi Orang Tua, Kenali dan Pahami Dulu Alasannya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Parenting